Tuesday, July 24, 2012

KARAKTER KHAS SUKU JAWA DENGAN TRADISI TRADISINYA


Suku Jawa merupakan salah satu suku terbesar yang berdiam di negara Indonesia. Sebagai buktinya, kemana pun Anda melangkah kan kaki ke bagian pelosok penjuru negeri ini, Anda pasti akan menemukan suku-suku Jawa yang mendiami kawasan tersebut meskipun terkadang jumlahnya minorotas,dengan kata lain di mana  ada kehidupan di seluruh Indonesia Orang Jawa selalu ada.
Suku Jawa hidup dalam lingkungan adat istiadat yang sangat kental. Adat istiadat Suku Jawa masih sering digunakan dalam berbagai kegiatan masyarakat. Mulai masa-masa kehamilan hingga kematian. Di dalam hal ini di manapun Suku Jawa berada akan selalu dilaksanakan dan di jadkan  Ugeman atau Pathokan dalam kehidupannya.
Banyak yang bisa di gali dari literatur literatur yang sdh ada bahwa suku jawa punya banyak keaneka ragaman ciri khas dan budaya beserta tradisi tradisinya
Dan bila kita seumpama sebagai suku lain  yang ada di Indonesia akan sangat dengan mudahnya berinteraksi dengan suku jawa di karenakan suku ini mempunyai sifat dan karakter yang sangat santun dalam bermasyarakat dengan di terimanya  suku Jawa sebagai bagian dari anggota masyarakat oleh  suku lain di seluruh Indonesia. 
 
Sifat dan Karakter Orang Jawa
Suku jawa diidentikkan dengan berbagai sikap sopan, segan, menyembunyikan perasaan alias tidak suka langsung-langsung, menjaga etika berbicara baik secara konten isi dan bahasa perkataan maupun objek yang diajak berbicara. Dalam keseharian sifat Andap Asor terhadap yang lebih tua akan lebih di utamakan, Bahasa Jawa adalah bahasa berstrata, memiliki berbagai tingkatan yang disesuaikan dengan objek yang diajak bicara.

Suku Jawa umumnya mereka lebih suka menyembunyikan perasaan. Menampik tawaran dengan halus demi sebuah etika dan sopan santun sikap yang dijaga. Misalnya saat bertamu dan disuguhi hidangan. Karakter khas seorang yang bersuku Jawa adalah menunggu dipersilahkan untuk mencicipi, bahkan terkadang sikap sungkan mampu melawan kehendak atau keinginan hati. 


 
Suku Jawa memang sangat menjunjung tinggi etika. Baik secara sikap maupun berbicara. Untuk berbicara, seorang yang lebih muda hendaknya menggunakan bahasa Jawa halus yang terkesan lebih sopan.

Berbeda dengan bahasa yang digunakan untuk rekan sebaya maupun yang usianya di bawah. Demikian juga dengan sikap, orang yang lebih muda hendaknya betul-betul mampu menjaga sikap etika yang baik terhadap orang yang usianya lebih tua dari dirinya, dalam bahasa jawa Ngajeni 
Ciri khas Narimo ing pandum adalah salah satu konsep hidup yang dianut oleh Orang Jawa. Pola ini menggambarkan sikap hidup yang serba pasrah dengan segala keputusan yang ditentukan oleh Tuhan. Orang Jawa memang menyakini bahwa kehidupan ini ada yang mengatur dan tidak dapat ditentang begitu saja.
Setiap hal yang terjadi dalam kehidupan ini adalah sesuai dengan kehendak sang pengatur hidup. Kita tidak dapat mengelak, apalagi melawan semua itu. Inilah yang dikatakan sebagai nasib kehidupan. Dan, nasib  kehidupan adalah rahasia Tuhan, kita sebagai makhluk hidup tidak dapat mengelak. Orang Jawa memahami betul kondisi tersebut sehingga mereka yakin bahwa Tuhan telah mengatur segalanya.

 Pola kehidupan orang jawa memang unik. Jika kita mencoba untuk menelusuri pola hidup orang jawa, maka ada banyak nilai positif yang kita dapatkan. Bagi orang jawa, Tuhan telah mengatur jatah penghidupan bagi semua makhluk hidupnya, termasuk manusia. Setiap hari kita melihat banyak orang yang keluar rumah, seperti juga, banyak burung yang keluar sarang untuk mencari penghidupan. Pagi mereka keluar rumah dan sore pulang dengan kondisi yang lebih baik


Urip Ora Ngoyo 

Konsep hidup nerimo ing pandum ( ora ngoyo ) selanjutnya mengisyaratkan bahwa orang Jawa hidup tidak terlalu berambisi. Jalani saja segala yang harus di jalani. Tidak perlu terlalu ambisi untuk melakukan sesuatu yang nyata-nyata tidak dapat di lakukan. Orang Jawa tidak menyarankan hal tersebut.
Hidup sudah mengalir sesuai dengan koridornya. Kita boleh saja mempercepat laju aliran tersebut, tetapi laju tersebut jangan terlalu drastis. Perubahan tersebut hanya sebuah improvisasi kita atas kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Orang Jawa mengatakan dengan istilah jangan ngoyo. Biarkan hidup membawamu sesuai dengan alirannya. Jangan membawa hidup dengan tenagamu!
Bagi orang jawa hidup dan kehidupan itu sama dengan kendaraan. Dia akan membawa kita pada tujuan yang pasti. Orang jawa memposisikan diri sebagai penumpang. Kendaraan atau hiduplah yang membawa mereka menuju kehidupan yang lebih baik. Mereka tidak membawa kendaraan tersebut, melainkan dibawa oleh kendaraan.
Seperti air di dalam saluran sungai, jika mereka mengalir biasa, maka kondisinya aman dan nyaman. Tetapi ketika alirannya dipaksa untuk besar, maka aliran sungai tersebut tidak aman lagi bagi kehidupan. Orang Jawa memahami hal tersebut sehingga menerapkan konsep hidup jangan ngoyo. Ngoyo artinya memaksakan diri untuk melakukan sesuatu.
Jika kita memaksakan diri untuk melakukan sesuatu, maka kemungkinan besar kita akan mengalami sesuatu yang kurang baik, misalnya kita akan sakit. Rasa sakit terjadi karena ada pemaksaan terhadap kemampuan sesungguhnya yang kita miliki.

Ciri khas lain yang tak bisa di tinggalkan adalah sifat Gotong royong atau saling membantu sesama orang di lingkungan hidupnya apalagi lebih kentara sifat itu bila kita bertandang ke pelosok pelosok daerah suku Jawa di mana sikap gotong royong akan selalu terlihat di dalam setiap sendi kehidupannya baik itu suasana suka maupun duka. 

Pola kehidupan orang jawa memang telah tertata sejak nenek moyang. Berbagai nilai luhur kehidupan adalah warisan nenek moyang yang adi luhung. Dan, semua itu dapat kita ketahui wujud nyatanya. Bagaimana eksistensi orang jawa terjaga begitu kuat sehingga sampai detik ini pola-pola tersebut tetap diterapkan dalam kehidupan.
Pola hidup kerjasama ini dapat kita ketemukan pada kerja gotongroyong yang banyak diterapkan dalam masyarakat Jawa. Orang Jawa sangat memegang teguh pepatah yang mengatakan: ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Ini merupakan konsep dasar hidup bersama yang penuh kesadaran dan tanggungjawab.
Kita harus mengakui bahwa kehidupan orang jawa memang begitu spesifik. Dari sekian banyak suku bangsa di Indonesia, bahkan yang ada di dunia, orang Jawa mempunyai pola hidup yang berbeda. Kebiasaan hidup secara berkelompok menyebabkan rasa diri mereka sedemikian dekat satu dengan lainnya, sehingga saling menolong merupakan sebuah kebutuhan.
Mereka selalu memberikan pertolongan kepada orang lain yang membutuhkan pertolongan. Bahkan dengan segala cara mereka ikut membantu seseorang keluar dari permasalahan, apalagi jika sesaudara atau sudah menjadi teman.

Ngajeni Pada Orang Yang Lebih Tua
Dan, yang tidak dapat kita abaikan adalah sikap hidup orang Jawa yang menejunjung tinggi nilai-nilai positif dalam kehidupan. Dalam interaksi antar personal di masyarakat, mereka selalu saling menjaga segala kata dan perbuatan untuk tidak menyakiti hati orang lain.
Mereka begitu menghargai persahabatan sehingga eksistensi orang lain sangat dijunjung sebagai sesuatu yang sangat penting. Mereka tidak ingin orang lain atau dirinya mengalami sakit hati atau terseinggung oleh perkataan dan perbuatan yang dilakukan sebab bagi orang Jawa, ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono artinya, harga diri seseorang dari lidahnya (omongannya), harga badan dari pakaia
Dari berbagai sumber

Title: KARAKTER KHAS SUKU JAWA DENGAN TRADISI TRADISINYA; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

16 comments:

  1. info yg sudah sgt populer.. ttg karakter suku jawa.. baik itu pandangan org luar suku jawa atau media sinetron.. karakrer suku jawa yg di gambarkan alus,nrimo bhkan jd kalahan.. apakah sprti itu fakta yg ssgguhnya.. sy org jawa mgkin pnulis blog ini jg org jawa.. prsepsi di atas ada bnarnya tp mnrut sy kurang komprehensif atau trlalu lebay.. jika kita melihat sjarah mulai dari abad ke 7 sejarah jawa pnuh dg intrik, darah, prebutan kekuasaan bahkan suku jawa adlh bangsa yg agresif (jika anda baca sejarah tentunya) lihatlah sejarah kerajaan2 jawa.. hampir smuanya melakukan politik expansi.. mulai dari krjaan mataram kuno (konflik dg sriwijaya) medang kamulan, singasari (ambisi kertanegara utk menguasai nusantara) maja pahit (politik expansi.. konflik dg kerajaan sunda) abad prtngahan bgmna mataram islam mnaklukan sukadana, surabaya, smpai batavia.. coba baca babad tanah jawa bgmn prlakuan sultan agung trhdap tawanan belanda.. semua itu adlh karakter suku jawa.. masuk ke abad modern bgmna dg tangan besinya soekarno.. bgmn dg bengisnya rezim soeharto.. seharusnya kita hrs memandang dari banyak sisi sejarah, filosofis, agama.. org jawa adlh multi komplex.. dia bisa sopan, halus,ramah.. tp juga licik, kejam, dan membunuh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ingin tanya tentang menguasai nusantara,,
      nusatara itu bagai mana?? apa dari sabang sampai mareuake???
      ataukah nusantara itu berhasil dai takluk kan??? apabila berhasil di taklukan,kerajaan apa saja yang berhasil di hancurkan untuk menguasai nusantara???

      tolong di jawab,,
      terima kasih.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Wajah jawa itu kalem... Tapi hatinya bringas..

    ReplyDelete
  3. apay hebat loe bisa tahu isi hati orang, ga usah men justice berdasarkan RAS...rusak bangsa ini klo semua manusianya seperti loe sotoy,alay,lebay asal ngomong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimohon, jika ingin mengkritik orang lain itu harus bijak juga. Bukan malah memberi komentar seperti itu yang malah membuat anda sendiri seperti orang yang buruk. Menurut saya sih, maksud dari penulis blog ini memang bagus yaitu untuk melestarikan budaya daerah jawa agar tidak hilang. So, silahkan para pembaca yang lain memperhatikan mana yang BAIK atau yang BURUK. sekian...

      Delete
  4. Pada dasarnya orang jawa itu halus, narimo, suka mengalah maksudnya nggak suka ribut,..tetapi orang jawa itu bisa berubah itu karena ahlak dasar manusianya, ahlak dasar manusia bisa baik bisa buruk. Dan perubahan itu tentu ada sebabnya, bisa dari diri sendiri bisa juga dari luar,..misal dari luar ada yang mencari-cari masalah,memancing emosi,..nah ini ibaratnya membangunkan macan tidur,...he3. Saya orang jawa,..walaupun berada di jakarta bertahun-tahun, namun dalam keluarga sikap andhap ashor,..Ngajeni, dan gotong royong,...bagaimanapun keadaan diluar sana misalnya ada berbagai masalah, itu prinsip untuk selalu mencari solusi, sabar, narimo dan intinya tidak mau ribut, mengatasi masalah dengan damai dan kekeluargaan...itu nasehat dari orang-orang tua kami..

    ReplyDelete
  5. http://mastambit.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  6. Untuk karakter khas suku jawa dapat lebih lengkap dapat anda baca dibuku :"Serpihan Budaya Feodal" tulisan Suhartono W Pranoto. penerbit AGASTYA MEDIA , Yogyakarta.

    ReplyDelete
  7. saya asli jawa, pati, jateng, memang benar jawa itu halus sopan nrimo tidak mau rusuh, itu benar..
    tapi menurut saya dari karakter halus tersebut lah orang jawa kalau marah bisa melebihi karakter yang pada awalnya sudah keras, ibarat balon, lentur kalo diisi air, tpi kalo udah gag muat y pecah balon nya

    ReplyDelete
  8. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  9. Wslah... gak melu2 nek masalah ngeneki... mung pribadi ne wong2 dewe2... :{


    Kalo ada yang mau tinggal sementara atau selamanya di Jogja. Kami bisa bantu mencarikan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Jangan bingung mencari atau mengiklankan Rumah kontrakan, Kontrakan Paviliun, Homestay, Ruko, Kos-kosan, Sewa rumah/tanah, dan Jual beli rumah/tanah di Jogja!

    Karena Cari Kontrakan Jogja telah hadir di tengah-tengah Anda.

    Silahkan kunjungi website kami langsung dan buktikan sendiri pelayanan kami hanya di :

    http://carikontrakanjogja.com/


    Kami menawarkan space iklan di website kami. Jika Anda ingin memasang produk2 yang Anda jual, silahkan kunjungi website kami. Dan hubungi nomor yang telah tercantum di website kami.


    www.carikontrakanjogja.com

    ReplyDelete
  10. betul wong jawa sembarang mbiyen yo pancen kaya kue... zaman boleh berubah tapi orang jawa tetap memegang teguh ajaran - ajaran para pendahulunya. nyong asli wong pemalang:D

    ReplyDelete
  11. Kok narsis banget artikel ini. Kenapa tidak diungkap sisi negatif orang jawa?

    ReplyDelete